> Apakah Gaya dan Massa itu ??? - Green Leaf Blog's Apakah Gaya dan Massa itu ??? | Green Leaf Blog's

Sabtu, 26 November 2011

Apakah Gaya dan Massa itu ???


 


Gaya
Gaya merupakan sebuah interaksi antara sebuah benda dengan lingkungannya. Sebagai contoh gaya grafitasi adalah sebuah interaksi antara sebuah benda bermassa m dengan benda disekitarnya. 
Pengertian lainnya adalah bahwa gaya merupakan penyebab timbulnya percepatan dan perlambatan. Seperti hukum Newton II yang menyatakan bahwa gaya yang bekerja pada sebuah benda bermassa m sebanding dengan percepatan benda tersebut atau secara matematis :
F = m.a ; dimana a adalah percepatan benda
Besaranya gaya atau gaya-gaya didefinisikan dalam bentuk percepatan yang diberikan gaya-gaya tersebut pada sebuah kilogram standar. Satuan gaya adalah Newton ( N ).

Arah percepatan selalu searah dengan arah gaya, gaya merupakan sebuah besaran vektor, sehingga jika beberapa buah gaya bekerja pada sebuah benda, maka gaya total yang bekerja pada benda itu merupakan jumlah vektor dari gaya-gaya tersebut.

Massa
Massa (m) sebuah benda adalah karakteristik benda itu yang mengkaitkan kecepatan benda dengan gaya (resultan gaya) yang menyebabkan percepatan tersebut. Massa merupakan sebuah besaran skalar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Mohon komentarnya buat perkembangan blog ini untuk selanjutnya.