> Toeri Asal Mula Keberadaan Makhluk Hidup - Green Leaf Blog's Toeri Asal Mula Keberadaan Makhluk Hidup | Green Leaf Blog's

Minggu, 20 November 2011

Toeri Asal Mula Keberadaan Makhluk Hidup

Percobaan Stanley Miller
1. Teori Urey Harold Urey
Harold Urey ialah seorang ahli kimia Amirika Serikat yang berpendapat bahwa atmosfer bumi pada suatu saat kaya akan molekul-molekul seperti CH4 (metana), NH3 (ammonia), H2 (hydrogen) dan H2O dalam bentuk gas; adanya energi yang berasal dari aliran listrik halilintar dan radiasi sinar cosmic, molekul-molekul tersebut mengadakan reaksi kimia membentuk zat-zat hidup; zat hidup yang mula-mula ada kira-kira seperti virus sekarang; zat hidup ini setelah berjuta tahun berkembang menjadi berbagai organisme.
 

2. Percobaan Stanley Miller Percobaan Standley Miller
Seorang murid Urey mencoba menguji teori gurunya dengan membuat model percobaan seperti gambar di bawah ! Alat yang berupa tabung tersebut diisi dengan CH4, NH3, H2, dan H2O, kemudian campuran gas-gas dialirkan melalui suatu labu yang dilengkapi melalui elektrode yang dapat melepaskan bunga api listrik bertegangan tinggi selama seminggu; hasilnya ditemukan beberapa jenis asam amino, yang merupakan zat sangat vital untuk membentuk proto plasma (substansi dasar makhluk hidup); hanya saja zat ini masih belum menunjukkan gejala hidup. 

3. Teori Oparin (1936)
Seorang sarjana Rusia mempunyai pandangan sama dengan teori Urey. Tetapi akibat tidak berhasil menunjukkan bahwa reksi gas-gas metana, ammonia, hydrogen, dan uap air membentuk asam amino, ia merasa bahwa asam amino terbentuk secara alami. Menurutnya, lautan bumi mulanya mempunyai persediaan yang cukup bahan-bahan organik, kemudian dalam kurun waktu yang lama, bahan-bahan organik saling berikatan satu sama lainnya, dan terbentuklah selaput-selaput. Gabungan molekul-molekul organik yang memiliki selaput ini memiliki kemampuan mengikat molekul lainnya dan menyatukan diri sehingga terbentuk gabungan molekul baru yang karakteristik. Ikatan atau gabungan kompleks semacam inilah yang diduga kehidupan yang pertama. 
4. Percobaan Shilly B. Foks
Foks berhasil mensintesis beberapa jenis asam amino, kemudian memindahkannya ke suatu tempat persemaian, ternyata zat itu ada yang memperlihatkan gejala hidup seperti virus. Dari percobaan virus tembakau, apabila inti virus (asam nukleat virus) dipisahkan dari tubuhnya, maka ia akan mempunyai sifat seperti benda mati; tetapi bila ia dikembalikan maka sifat-sifat hidup akan muncul kembali; yang sekarang dikenal dengan DNA (Deoxiribo Nucleick Acid), yaitu suatu materi yang tersusun dari basa-basa nitrogen mengikat gula sederhana yang mengandung gugus fosfat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Mohon komentarnya buat perkembangan blog ini untuk selanjutnya.