> Protozoa (Protos = pertama ; Zoon = hewan) - Green Leaf Blog's Protozoa (Protos = pertama ; Zoon = hewan) | Green Leaf Blog's

Rabu, 30 November 2011

Protozoa (Protos = pertama ; Zoon = hewan)




Suatu golongan hewan ( Invertebrata ) yang hanya bersel satu, sehingga bersifat mikroskopik. Untuk menjalankan hidupnya ia memiliki organel-organel sel, seperti vakuola makanan untuk mengedarkan zat makanan yang diisapnya, vakuola kontraktil sebagai alat ekskresinya, dan inti sel sebagai pusat kegiatan sel. Beberapa kelompok memiliki plastida untuk kegiatan fotosintesis sebagaimana layaknya tumbuhan hijau. Pada klasifikasi tradisional golongan organisme ini masih tergolong kerajaan Animalia, tetapi dalam klasifikasi modern golongan hewan ini termasuk golongan Protista, karena anggota tubuhnya ada yang berklorofil seperti tumbuhan hijau, dan ada pula yang tidak memilki klorofil yang dapat bergerak bebas sehingga dianggap bentuk prototype dari semua golongan makhluk hidup.


Berdasarkan alat gerak dan perkembangbiakannya golongan ini mencakup kelas :
·         Cilliata, bergerak dengan rambut getar dan memiliki inti dua macam (makronukleus dan mikronukleus), ada yang tidak bertangkai pelekat (contohnya Paramaecium) dan ada yang memliki tangkai pelekat (contohnya Stentor).
·         Flagellata (Mastigophora), bergerak dengan bulu cambuk, ada yang berklorofil sehingga hidupnya banyak yang bersifat parasit. Contohnya : Trypanosoma gambien sebagai penyebab penyakit tidur.
·     Rhizopoda, bergerak dengan kaki semu (kaki akar), ada yang memiliki rangka kapur (contohnya : Entamoeba dysentriae, penyebab penyakit diare).
·            Sporozoa, adalah kelas protozoa yang tidak memiliki alat gerak dan berkembangbiak dengan spora, contohnya Plasmodium.
·          Phytomastigina, bergerak dengan bulu cambuk dan memiliki klorofil seperti tumbuhan hijau, contohnya : Euglena.
·            Zoomastigina, bergerak dengan bulu cambuk dan tidak memiliki klorofil yang sifatnya hampir sama dengan hewan. Contohnya : Tripanosoma.
·           Suctoria, bergerak dengan rambut getar pada bagian tertentu tubuhnya dan berfungsi sebagai alat penghisap (sucker, sugere), serta memiliki tangkai pelekat. Contohnya : Vorticella.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Mohon komentarnya buat perkembangan blog ini untuk selanjutnya.