> Bunga Kembang Sepatu Sebagai Tanaman Obat Yang Aman Bagi Kesehatan - Green Leaf Blog's Bunga Kembang Sepatu Sebagai Tanaman Obat Yang Aman Bagi Kesehatan | Green Leaf Blog's

Sabtu, 26 November 2011

Bunga Kembang Sepatu Sebagai Tanaman Obat Yang Aman Bagi Kesehatan

Bunga kembang sepatu merupakan bunga yang indah dan juga memiliki banyak manfaatnya, yang membuat bunga ini memiliki manfaat yang lebih unggul adalah daunnya yang bisa menyembuhkan demam, sariawan, panas dalam, dan berbagai penyakit yang datangnya dari perut atau lambung kita. Caranya agar daunnya bisa dijadikan obat adalah dengan beberapa lembar daun kembang sepatu diremas-remas dalam air hingga airnya agak berminyak dan berwarna hijau yang lengket, namun sebaiknya agar pengobatannya bisa disebut lebih higenis, sebaiknya sobat merebusnya terlebih dahulu selama 5 menit saja sudah cukup kok, gak perlu lama-lama karna kalo lama-lama nanti daunnya kehilangan provit yang akan dijadikan sebagai obat kemudian baru diremas-remas hingga daunnya robek dan lengket. Setelah itu baru dipisahkan bekas daunnya dengan airnya dengan saringan. Nah.... baru boleh diminum, rasanya gak pahit kok, dan pasti aman untuk kesehatan. Selamat mencoba.....semoga demamnya cepat sembuh ya....!!!



Kembang sepatu (hibiscus rosa-sinensis - china rose) adalah tanaman semak suku malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. bunga dari berbagai jenis kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah jambu atau merah tua.

Di malaysia, kembang sepatu disebut sebagai Bunga Raya dan ditetapkan sebagai bunga nasional Malaysia pada tanggal 28 Juli 1960.
Spesies hibiscus yang lain, yaitu hibiscus sabdariffa atau roselle cukup dikenal di Mexico dan dibuat minuman yang bernama Jamaica, atau hibiscus tea. Berikut beberapa metoda pengolahan sederhana sebagai obat:

1. Ramuan untuk bronchitis, cuci dua kuntum bunga kembang sepatu, lalu tumbuk sampai halus. Beri 3/4       gelar air masak dan sedikit garam. Aduk ramuan tersebut hingga merata, lalu peras dan saring. Minum dua kali sehari. Atau bisa juga dengan ramuan, rebus 2-3 kuntum bunga kembang sepatu dengan 2 gelar air sekira 15 menit, kemudian saring. Air rebusan yang telah disaring diminum dua kali sehari.
2. Ramuan untuk kencing nanah, cuci enam kuntum bunga kembang sepatu, rebus dengan tiga gelas air hingga airnya tersisa 3/4 gelas. Setelah itu, saring dan didiamkan (diembunkan) selama satu malam. Minum dengan madu tiga kali sehari sebanyak 1/2 gelas.
3. Ramuan untuk haid tidak teratur, cuci tiga kuntum bunga kembang sepatu, lalu giling hingga halus. Tambahkan satu gelas air masak dan sedikit cuka. Selanjutnya peras dan saring. Minum 2-3 kali sehari sebanyak 1/2 gelas.
4. Ramuan untuk sakit panas, tumbuk akar kembang sepatu secukupnya hingga halus, rebus dengan tiga gelas air mendidih sekira 30 menit, lalu saring. Air rebusan diminum tiga kali sehari sebanyak satu gelas.
5. Ramuan untuk demam pada anak-anak, lumatkan daun kembang sepatu segar secukupnya dengan sedikit air. Lumurkan di seluruh badan 2-3 kali sehari. Ramuan untuk sariawan dan batuk, rebus daun kembang sepatu secukupnya dalam tiga gelas air mendidih selama 15 menit, lalu saring. Air rebusan diminum tiga kali sehari.
6. Ramuan untuk gondok, siapkan akar kembang sepatu secukupnya dan air secukupnya. Akar diserbukkan dan direbus dalam air mendidih selama 1/2 jam. Kompreskan pada bagian yang sakit 2-3 kali sehari. Ramuan untuk sakit kepala, serbuk daun kembang sepatu direbus selama 1/2 jam dan dikompreskan pada dahi.
Itulah cara pengolahan bunga kembang sepatu agar bisa dijadikan obat.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya......!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Mohon komentarnya buat perkembangan blog ini untuk selanjutnya.