> Azas Kelembaman ( Hk. Newton 1 ) - Green Leaf Blog's Azas Kelembaman ( Hk. Newton 1 ) | Green Leaf Blog's

Sabtu, 26 November 2011

Azas Kelembaman ( Hk. Newton 1 )


Sebuah benda akan tetap diam jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda. Demikian pula sebuah benda akan tetap bergerak lurus beraturan (kecepatan benda tetap) jika gaya atau resultan gaya juga nol. Pernyataan ini merupakan rumusan hukum I Newton, yang menyatakan bahwa :


 Sebuah benda akan tetap diam atau tetap bergerak lurus beraturan (kecepatan benda tetap) jika tidak ada resultan gaya yang bekerja pada benda itu. 

Sehingga suatu benda akan selalu berusaha mempertahankan keadaan awal jika benda tidak dikenai gaya / resultan gaya. Jadi,  F = 0  sehingga benda akan tetap diam.
Hukum I Newton ini sering disebut dengan Azas Kelembaman, penerapan dari Azas Kelembaman ini dapat dilakukan dengan mudah. Ambillah sebuah gelas berisi air kemudian letakkan diatas kertas yang berukuran panjang, lalu tarik kertas tersebut dengan kecepatan yang tinggi dengan arah yang mendatar. Anda akan melihat bahwa gelas yang berisi air tadi tidaka bergeser sedikitpun dari kedudukannya semula. Hal itu disebabkan oleh tidak adanya gaya tarik yang bekerja pada gelas tersebut sehingga gelas tetap berada pada kedudukannya semula. Namun sebaliknya, jika kertas tersebut ditarik secara perlahan-lahan, maka gaya tarik dari kertas akan menyesuaikan dengan dengan gelas sehingga seolah-olah gaya tarik itu bekerja pada gelas berisi air itu, akibatnya gelas akan ikut bergeser bersama dengan kertas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Mohon komentarnya buat perkembangan blog ini untuk selanjutnya.