> Proses Fotosintesis Terjadi - Green Leaf Blog's Proses Fotosintesis Terjadi | Green Leaf Blog's

Minggu, 04 Desember 2011

Proses Fotosintesis Terjadi



(Phos = cahaya ; Synthesis = menyusun). Suatu peristiwa menyusun zat-zat anorganik (karbondioksida sebagai sumber karbon dan air sebagai donor hidrogen) menjadi zat organik berupa senyawa karbon, yaitu hasil sampingnya berupa karbohidrat dan oksigen dengan menggunakan energi cahaya matahari yang ditangkap oleh klorofil. Organisme yang mampu berfotosintesis adalah tumbuhan hijau dan organismeyang memiliki klorofil didalam sel-sel tubuhnya.

Dalam proses fotosintesis terdapat dua tahap, yaitu : reaksi terang dan reaksi gelap. Pada tahap reaksi terang terjadi fotolisis, yaitu peristiwa penguraian air dengan bantuan energi matahari. Pada proses fotolisis ini dihasilkan H2.


Reaksi secara singkatnya sebagai berikut :
                   6 H2O + 6 CO2  C6H12O6 + 6 O2
 
Dampak fotosintesis terhadap lingkungan adalah menyediakan oksigen  bagi uadara pernapasan makhluk hidup, dan sebagai bahan pembentuk ozon O2 + O1 O3 mengurangi pencemaran uadara karena mengisap karbondioksida, mencegah erosi tanah karena air hujan diserap oleh akar-akar tanaman sebagai bahan fotosintesis, dan terambilnya CO2 sebagai salah satu gas rumah kaca, sehingga pemanasan global dapat dhindari. 

Karena itu, kegiatan penghijauan kota dan pembuatan taman tetap, rumah, sekolah, dan penghutanan kembali (reboisasi) sangat berguna dan menanggulangi masala-masalah lingkungan. Keberadaan tumbuhan dalam bentuk hutan atau dalam jumlah banyak merupakan paru-paru dunia kehidupan yang dapat mendaur ulang gas karbondioksida menjadi gas oksigen untuk kegiatan pernapasan mahkluk hidup.

2 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Mohon komentarnya buat perkembangan blog ini untuk selanjutnya.